7 Juli 2012

0 Tips mempertajam daya ingat

Mengapa daya ingat perlu ? jika daya ingat lemah, maka persoalan atau hal lain yang terjadi dalam hidup ini tidak akan menemukan sebuah pengkerucutan masalah, melainkan akan menjadi lebih ribet dan berantakan serta tidak ada prioritas apalagi solusinya. Daya  ingat sebenarnya bisa saja bermanfaat dan bisa juga tidak . Mengapa ? Ketika kita punya masalah dan sesuatu kejadian yang tidak bisa kita lupakan, maka kita mengharapakan hal tersebut hilang dari ingatan kita . Dan, bisa juga sangat berdampak dan merugikan ketika daya ingat yang lemah membuat kita tersiksa, kamu lupa dimana kamu meletakkan kunci mobil kamu ketika kamu mau berangkat ke kantor. Wah, sungguh malang nasib, kalau kamu harus mencari-cari padahal rapat hari ini tidak boleh telat. Dan, yang buat kesal lagi adalah kamu lupa markir mobil kamu dimana. (contoh aneh ) Weleh..weleh.. Jangan sampe deh.. apalagi kamu lupa siapa pacar kamu. Bisa bahaya kamu.  J Daya ingat sangat penting bagi kita dan bisa dikatakan hal yang urgent dan pokok dalam pribadi lepas pribadi sebagai modal kita menjalani hidup .  Jika anda memang bermasalah dengan daya ingat, maka ada beberapa tips yang mesti anda lakukan , walau sederhana semoga dapat bermanfaat dalam menghadapi kehidupan dan menghadapi berbagai persoalan yang tiada sungkan-sungkannya untuk datang menghampiri anda  Beberapa tips  akan mempertajam kembali daya ingat Anda. Dan Anda akan tetap percaya diri dengan daya ingat Anda yang kembali segar. Berikut tips yang bisa Anda coba, diantaranya:
1. Olahraga ,
Anda harusmelakukan yang namanya Olahraga dan menjadikannya sebagai  kebutuhan dan rutinitas harian Anda.  Olahraga yang teratur akan dapat memperlancar peredaran darah dan nutrisi ke otak, sehingga kemampuan kerja otak akan semakin maksimal.
Olahraga teratur juga mampu  meningkatkan kebugaran tubuh, menjaga stamina agar tetap fit melakukan rutinitas  dan membuat berbagai organ tubuh kita menjadi sehat,
2. Tidur Secukupnya
Menjalankan rutinitas setiap hari memang melelahkan , ditambah lagi jarak dari rumah ke kantor anda yang cukup jauh membuat rasa kantuk dan lelah menghampiri anda . Tapi ingat jangan tidur terlalu lama , ini bisa membuat otak anda tidak bekerja lebih lama.  Anda harus membiasakan diri dengan tidur yang cukup agar fungsi otak kembali normal.  Kelelahan dan stress membuat kita menjadi mudah lupa dan membuat fungsi otak tidak maksimal sehingga akan menurunkan daya ingat. Banyak informasi yang seharusnya bisa kita simpan di otak, namun karena posisi kita dalam kelelahan dan stress, maka informasi yang seharusnya kita simpan akan hilang begitu saja. Sehingga anda harus tidur beristirahat dulu secukupnya .
3. Mengendalikan pikiran yang membuat anda stress
Tingkat stress setiap orang berbeda-beda, tentu mengendaliknnya juga tidak sama . Umumnya kita haru bisa mengendalikan pikiran, jangan terbawa stress . Stress yang berlebihan, dapat mengganggu daya ingat Anda Lakukan hal-hal yang dapat mengalihka perhatian anda dari masalah yang nada hadapi. Misalnya dengan olahraga kesukaan anda , jalan-jalan , dll. Anda seharusnya dapat mengendalikan stress yang menghinggapi hidup Anda. Anda harus ingat bahwa masalah sepake dengan solusi dan anda harus bisa menyikapi dengan bijak, tepat dan mengatasi dengan solusi. Dengan demikian, anda dapat menenagkan pikiran anda dan membantu anda dalam berpikir sehat dan jernih dan meningkatkan daya ingat anda.
4. Segera obati depresi Anda.
Daya ingat  anda bisa juga dipengaruhi karena depresi yang anda alami yakni gelisah, putus asa dll. Hal demikian dapat mempengaruhi kerja otak serta daya ingat Anda. Lakukan langkah-langka yang dapat mengobati depresi anda, misalnya melakukan suatu aktifitas atau kesibukan yang anda gemari  yang menurut anda baik dan bisa berkonsultasi dengan ahli , misalnya : Ahli psikologis.
5. Melakukan permainan yang bisa menumbuhkembangkan daya ingatan anda.
Siapa bilang dengan bermain gama itu selalu negative? Ternyata selain hanya untuk hiburan disela-sela kerja anda. Bermain game ternyata bisa menigkatkan daya ingatan anda . Misalnya : Bermain catur, scrabble, Sudoku dan sebagainya yang membutuhkan konsentrasi dan taktik tertentu yang dapatDengan permainan yang butuh konsentrasi penuh, akan membuat daya mengasah daya ingat dan kelancaran berpikir anda .

6. Rutin mengasah Otak dan belajar mengasah kemampuan otak anda .
Apabila daya ingat anda lemah , anda bisa belajar untuk mempertajam kembali dengan cara membiasakan diri belajar. Misalnya mengikuti perbincangan interaktif yang berkaitan dengan kemampuan mengasah otak, mengikuti seminar, mendengarkan konsultan atau kegiatan belajar lainnya yang sifatnya mengasah otak Anda untuk mempertajam daya ingat Anda. Misalnya anda mengajak asing didekat anda untuk berkenalan dan anda harus mengingat-ingat namanya dengan menghafal atau mengucapaknnya berkali-kali dengan sadar dan konsentrasi.
7 . Harus  konsentrasi dan memfokuskan pikiran.
Anda melatih konsentrasi anda dalam berpikir dengan memfokuskan konsentrasi , mengingat apa yang anda akan lakukan hari ini , esok, dan lusa. Cobalah Anda menyempatkan diri untuk memfokuskan pikiran Anda serta melatih konsentrasi Anda dalam kesendirian. Ingat kembali berbagai peristiwa hidup Anda.
8. Tetap menjaga Ke-Optimisan anda .
Rasa optimis  akan mendukung anda dalam memecahkan masalah serta mencari solusi yang tepat dalam upaya mempertajam kembali daya ingat Anda. Dengan rasa optimis ini, akan membuka pikiran Anda untuk membuka ruang dan berusaha keras meningkatkan kembali daya ingat Anda yang lemah.
9. Suplemen penambah daya ingat tidak selalu baik,  selalu mengawasi obat-obatan yang anda konsumsi.
Dia Suplemen penambah daya ingat dengan iming-iming akan cepat menambah daya ingat anda saat ini sangat banyak sekali beredar, baik dimedia cetak atau media tayang Pengkajian  ulang tentang mengkonsumsi suplemen penambah daya ingat perlu dikonsultasikan dengan dokter anda . Yang menjadi pertanyaan adalah apakah yang menyatakan  dengan produk suplemen tersebut  dapat menambah daya ingat Anda? Tentu tidak semua . anda harus hati-hati dalam memilih dan efek samping ayang akan ditimbulkan. Sebab , ada beberapa jenis obat yang dapat menurunkan daya ingat Anda. Contohnya adalah antidepressant, antihistamin dan berbagai jenis obat darah tinggi. Anda haruste mengetahui apakah obat tersebut keras buat dan bebagai efek samping yang akan ditimbulkan apabila anda mengkonsumsinya.
Sekian tips penambah daya ingat, semoga bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila kamu menemukan Broken link/ link rusak atau ingin bertanya dan lain sebagainya silahkan meninggalkan komentar/pesan dibawah ini !

 

My Adventure Copyright © 2012 - |- Powered by SITIGA